PSIK FK UNAYA MENGADAKAN PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS TUTOR

Dok, 23-24 November 2019 PSIK FK Abulyatama Melaksanakan Kegiatan Penguatan Kapasitas Tutor Dalam Penerapan Metode Problem Based Learning

ACEH BESAR Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran atau yang paling dikenal dengan PSIK FK UNAYA mengadakan kegiatan “Pelatihan Penguatan Kapasitas Tutor dalam Penerapan Metode Problem Based Learning” selama dua hari yakni hari pertama materi dan role play sedangkan hari kedua adalah simulasi langsung di kelas tutorial bersama mahasiswa angkatan 2018. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang kali kedua yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 sebelumnya dilakukan di kampus Universitas Abulyatama. Acara pembukaan diadakan pada hari sabtu 23 November 2019 pukul 09.00 wib di Ruang rapat FK Unaya. Turut dihadiri oleh Wakil Dekan I bidang akademik  dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed,  Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh sekaligus pemateri Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat, dan Dr. Ns. Hilman Syarif Lubis, M.Kep.,Sp.KMB serta peserta pelatihan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan mengucapkan selamat mengikuti pelatihan dengan penuh semangat dan sampai dengan selesai selama dua hari. Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi Ilmu Keperawatan mengatakan kegiatan ini merupakan rujukan dari surat AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) tanggal 17 Juni 2016 tentang edaran  implementasi kurikulum 2016, PSIK FK Abulyatama sejak itu sudah sukses menyusun kurikulum terbaru dan sudah melaksanakan pada tahun tersebut namun perubahan kurikulum saat itu belum disertai oleh perubahan metode pembelajaran karena metode Student Centre Learning  (SCL) diantaranya perkuliahan dengan tutorial sebagai konsekuensi logis  penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

Tahun 2018 PSIK FK sudah mendapatkan pelatihan Tutor namun hanya untuk kapasitas satu angkatan mahasiswa, sedangkan tahun 2019 PSIK sudah memiliki 2 angkatan yang metode pembelajaran dengan Problem Based Learning oleh karena itu perlunya kembali melatih tutor-tutor baru yang diharapkan dengan optimalisasi perubahan metode pembelajaran akan menghadirkan kualitas output yang sesuai kebutuhan pengguna (Stakeholder). Dalam pelatihan ini materi yang akan didapatkan yakni konsep dan pembelajaran SCL, Metode Seven Jump, Role Play Seven Jump, Konsep Metode Interactive Skill Station (ISS), Role Play ISS dan Simulasi Metode Seven Jump di Kelas Tutorial.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, AIPNI Regional I wilayah Aceh, Panitia dari PSIK FK dan Ikatan Alumni Ners Abulyatama (IKANA) yang saat ini terdapat 8 (delapan) alumni on going atau sedang menempuh pendidikan Magister Keperawatan di Universitas Syiah Kuala. Kegiatan pelatihan penguatan kapasitas tutor ditutup dengan foto bersama.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *