PSIK FK UNAYA MELAKSANAKAN WORKSHOP KBK DAN PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR

,

Dok. Kegiatan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

BANDA ACEH, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK – FK Unaya melakukan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor. Pembukaan seremonial acara diadakan pada hari sabtu 20 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang kuliah pakar I Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Wakil Dekan I bidang akademik  dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed,  Ketua Prodi PSIK FK Unaya, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat dan Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, M.Kep mengatakan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada tahap akademik sudah di implementasi sejak tahun 2016, namun belum diterapkan pada tahap profesi. Oleh karena itu, pelaksanaan tersebut  juga direncanakan akan menerapkan kurikulum KBK ini pada tahap pendidikan profesi. Proses pembelajaran mahasiswa pada tahap pendidikan profesi sangat tergantung pada pembimbing klinik yang senantiasa membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam merawat pasien.

Workshop difokuskan pada pembekalan penguatan kapasitas preseptor yang dapat mengembangkan kompetensi klinik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang diperlukan untuk perawatan yang komprehensif sehingga terjamin proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan I Bidang Akademik dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed turut membuka acara tersebut dan berharap peserta dapat mengikuti acara workshop sampai dengan selesai dan  berupaya memberikan layanan terbaik pada peserta selama berada di Universitas Abulyatama maupun, namun juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *