PSIK FK Abulyatama Launching UKS SDN Leupung 26 Aceh Besar

, ,

Dok. Foto Bersama Penanggungjawab UKS Puskesmas Kuta Baro, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas dan Seluruh Mahasiswa K3S serta Dokter cilik maupun Perawat Cilik

Aceh Besar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatam atau yang dikenal dengan PSIK FK Abulyatama launching Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Leupung 26 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, pembukaan acara diadakan pada tanggal  29 November 2018, pukul 10.00 wib di Sekolah Dasar Negeri Leupung 26 yang dihadiri oleh Perwakilan Camat Kuta Baro Kasie Kesra Ibu Asmawati, SE, Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Bapak Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Dinas Pendidikan Aceh Besar, Perwakilan Danramil Kuta Baro Bapak Monazar, Kepala Sekolah SDN Lamblang, Kepala Sekolah SMP dan SMA Babul Maghfirah Kuta Baro, Komite Pendidikan SDN Leupung 26 Serta Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep memberikan apresiasi secara khusus kepada Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) atas terselenggaranya kegiatan regenerasi sekaligus launching kembali UKS di SDN Leupung 26 yang sebelumnya tidak jalan, turut menjelaskan wajah lelah mahasiswa kurun waktu seminggu dalam mengkoordinasi, serta mempersiapkan segala keperluan termasuk sosialisasi trias UKS ke Sekolah, melatih dokter cilik dan perawat cilik akhirnya terbayar sudah dengan suksesnya terselenggara acara ini, lanjut menjelaskan jika UKS ini adalah murni tanggungjawab sekolah oleh karena itu internal SDN Leupung 26 harus mendukung penuh demi berjalannya UKS secara optimal, harus ada regenerasi per 2 tahun ajaran sekolah.

Di kesempatan selanjutnya Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep mengatakan selama ini PSIK FK Abulyatama dengan pihak Puskesmas dan Camat Kuta Baro Aceh Besar cukup besar dukungannya teruma dalam hal penempatan mahasiswa yang menjalani praktik Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) di wilayah tersebut. Kegiatan UKS SDN Leupung 26 merupakan bagian dari 23 (dua puluh tiga) intervensi keperawatan yang dikemas dalam kegiatan mahasiswa selama menjalani stase Keperawatan Komunitas di dua Desa, yakni Desa Lam raya dan Desa Aron di kecamatan setempat. Penyelenggaraan UKS ini dimaksudkan sebagai upaya pendukung bagi peningkatan kesehatan di Sekolah melalui sumberdaya yang dimiliki Sekolah tersebut dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung dan penghambat UKS.

Kegiatan ini juga menampilkan yel – yel UKS dari tim UKS Siswa/i SDN Leupung 26, kemudian dilanjutkan dengan drama Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Ringan (P3KR) oleh Dokter dan Perawat Kecil yang sudah terlatih. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian ruang UKS oleh Perwakilan Camat yaitu Ibu Asmawati, SE, dan sesi foto bersama tamu undangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *