Unaya Dapat Izin Gelar Ujian Klinik OSCE

Universitas Abulyatama, mendapat izin untuk melaksanakan ujian klinik terstruktur atau Objective Structure Clinical Examination (OSCE) yang dilaksanakan secara nasional. Ujian dilaksanakan mulai Sabtu (23/2) hari ini, hingga dua hari ke depan.

Ujian OSCE di Kampus Unaya, kemarin, diikuti 84 kandidat dokter dari Fakultas Kedokteran (FK) Unaya. Tes berbasis komputer yang juga dilakukan serentak oleh 49 FK di Indonesia, diawasi langsung oleh Consil Kedokteran Indonesia, Prof dr Bambang Djarwoto dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Indonesia.

Dekan Fakultas Kedoteran (FK) Unaya, dr Anjar Asmara menjelaskan, ujian tersebut diikuti mahasiswa yang secara akademik dan profesi sudah selesai pendidikan. Namun, untuk bisa dilantik menjadi dokter wajib mengikuti ujian ini.

“Pesertanya 84 orang, dibagi enam tim. Setiap tim 14 orang dengan lama ujian 3 jam,”.Bila peserta tak lulus OSCE, tambah Anjar, maka yang bersangkutan tidak mendapat sertifikat dan mengulang lagi.

Sangat Membantu

FAKULTAS Kedokteran Unaya baru kali ini memperoleh izin melaksanakan OSCE setelah fasilatas yang diperlukan sebagai sebuah FK terpenuhi. “Biasa kandidat dokter Unaya harus mengikti ujian ini di luar. Misalnya ke Bandung dan Yokyakarta,” kata Anjar Asmara.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Aceh ini, diizinkannya pelaksanaan OSCE di Unaya sangat membantu orang tua kandidat dokter dalam pembiayaan. Saat ini, tambahnya, sekitar 500 mahasiswa kedokteran Unaya sedang menempuh pendidikan, sedangkan puluhan mahasiswa sedang mengikuti pendidikan profesi (co-ass) di berbagai rumah sakit.

© Copyright - fk.abulyatama.ac.id