PSIK FK UNAYA MELAKSANAKAN WORKSHOP KBK DAN PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR

,

Dok. Kegiatan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

BANDA ACEH, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK – FK Unaya melakukan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor. Pembukaan seremonial acara diadakan pada hari sabtu 20 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang kuliah pakar I Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Wakil Dekan I bidang akademik  dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed,  Ketua Prodi PSIK FK Unaya, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat dan Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, M.Kep mengatakan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada tahap akademik sudah di implementasi sejak tahun 2016, namun belum diterapkan pada tahap profesi. Oleh karena itu, pelaksanaan tersebut  juga direncanakan akan menerapkan kurikulum KBK ini pada tahap pendidikan profesi. Proses pembelajaran mahasiswa pada tahap pendidikan profesi sangat tergantung pada pembimbing klinik yang senantiasa membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam merawat pasien.

Workshop difokuskan pada pembekalan penguatan kapasitas preseptor yang dapat mengembangkan kompetensi klinik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang diperlukan untuk perawatan yang komprehensif sehingga terjamin proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan I Bidang Akademik dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed turut membuka acara tersebut dan berharap peserta dapat mengikuti acara workshop sampai dengan selesai dan  berupaya memberikan layanan terbaik pada peserta selama berada di Universitas Abulyatama maupun, namun juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan.

 

PSIK FK Abulyatama Launching UKS SDN Leupung 26 Aceh Besar

, ,

Dok. Foto Bersama Penanggungjawab UKS Puskesmas Kuta Baro, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas dan Seluruh Mahasiswa K3S serta Dokter cilik maupun Perawat Cilik

Aceh Besar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatam atau yang dikenal dengan PSIK FK Abulyatama launching Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Leupung 26 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, pembukaan acara diadakan pada tanggal  29 November 2018, pukul 10.00 wib di Sekolah Dasar Negeri Leupung 26 yang dihadiri oleh Perwakilan Camat Kuta Baro Kasie Kesra Ibu Asmawati, SE, Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Bapak Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Dinas Pendidikan Aceh Besar, Perwakilan Danramil Kuta Baro Bapak Monazar, Kepala Sekolah SDN Lamblang, Kepala Sekolah SMP dan SMA Babul Maghfirah Kuta Baro, Komite Pendidikan SDN Leupung 26 Serta Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep memberikan apresiasi secara khusus kepada Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) atas terselenggaranya kegiatan regenerasi sekaligus launching kembali UKS di SDN Leupung 26 yang sebelumnya tidak jalan, turut menjelaskan wajah lelah mahasiswa kurun waktu seminggu dalam mengkoordinasi, serta mempersiapkan segala keperluan termasuk sosialisasi trias UKS ke Sekolah, melatih dokter cilik dan perawat cilik akhirnya terbayar sudah dengan suksesnya terselenggara acara ini, lanjut menjelaskan jika UKS ini adalah murni tanggungjawab sekolah oleh karena itu internal SDN Leupung 26 harus mendukung penuh demi berjalannya UKS secara optimal, harus ada regenerasi per 2 tahun ajaran sekolah.

Di kesempatan selanjutnya Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep mengatakan selama ini PSIK FK Abulyatama dengan pihak Puskesmas dan Camat Kuta Baro Aceh Besar cukup besar dukungannya teruma dalam hal penempatan mahasiswa yang menjalani praktik Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) di wilayah tersebut. Kegiatan UKS SDN Leupung 26 merupakan bagian dari 23 (dua puluh tiga) intervensi keperawatan yang dikemas dalam kegiatan mahasiswa selama menjalani stase Keperawatan Komunitas di dua Desa, yakni Desa Lam raya dan Desa Aron di kecamatan setempat. Penyelenggaraan UKS ini dimaksudkan sebagai upaya pendukung bagi peningkatan kesehatan di Sekolah melalui sumberdaya yang dimiliki Sekolah tersebut dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung dan penghambat UKS.

Kegiatan ini juga menampilkan yel – yel UKS dari tim UKS Siswa/i SDN Leupung 26, kemudian dilanjutkan dengan drama Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Ringan (P3KR) oleh Dokter dan Perawat Kecil yang sudah terlatih. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian ruang UKS oleh Perwakilan Camat yaitu Ibu Asmawati, SE, dan sesi foto bersama tamu undangan.

PSIK UNAYA MELAKSANAKAN WORKSHOP SE-PROVINSI ACEH

Dok. Perwakilan Institusi Ners Se-Provinsi Aceh Foto Bersama Panitia, Pemateri dan Wakil Rektor

Banda Aceh – Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang dikenal dengan PSIK UNAYA melaksanakan workshop se-Provinsi Aceh, dalam kegiatan tersebut pembukaan acara diadakan pada tanggal  18 Agustus 2018, pukul 09.00 wib di Aula Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Abulyatama Usman, M.Si, Dekan Fakultas Kedokteran dr. Fachrul Jamal, Sp. An.,KIC, Wakil Dekan I dan II, Ketua Prodi PSIK FK Abulyatama, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Pemateri Workshop Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat dan Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep.Sp.Kep.An serta peserta perwakilan tujuh institusi yang berhadir.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Ns. Iskandar, M.Kep mengatakan Workshop item review and development merupakan kegiatan berkelanjutan dari Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) regional I wilayah Aceh yang telah dilakukan beberapa periode. Penyelenggaraan workshop ini dimaksudkan sebagai upaya pendukung bagi peningkatan sistem uji kompetensi nasional pada pendidikan keperawatan di Indonesia melalui penguatan institusi pendidikan tinggi keperawatan.

Workshop difokuskan pada proses pembuatan soal ujian yang berkualitas dan komprehensif sesuai dengan tingkat kompetensi yang ditetapkan oleh AIPNI khusus untuk kompetensi Ners Indonesia. Workshop periode ini AIPNI Regional I Aceh mempercayakan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut yang berlangsung mulai tanggal 18-19 Agustus 2018 di Aula Universitas Abulyatama. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama tujuh Institusi Ners yang ikut berpartisipasi dan juga tergabung dalam keanggotaan AIPNI wilayah I Aceh diantaranya : PSIK FK Abulyatama, Fakultas Keperawatan Unsyiah, STIKes Cut Nyak Dhien Langsa, STIKes Seramoe Barat Meulaboh, STIKes Getsempena Lhoksukon, STIKes Medika Nurul Islam, dan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe.

Ns. Iskandar, M.Kep juga berharap sebagai tuan rumah PSIK FK Abulyatama memberikan apresisasi dan ucapan terima kasih buat Pimpinan Yayasan, Rektorat, Dekanat, Pimpinan Prodi yang telah banyak memberikan dukungan serta berupaya memberikan layanan terbaik pada peserta workshop selama dua hari berada di Universitas Abulyatama, namun juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan maupun kejanggalan.

Mahasiswa PSIK Unaya Lolos 10 Besar Finalis Duta Bahasa Provinsi Aceh 2016

, ,

Zulkarnaini ia adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Abulyatama yang lolos babak 10 besar sebagai finalis duta bahasa provinsi Aceh