RSPUR JADI HOST SIMULASI PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR PSIK FK UNAYA

Dok. Kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama di Rumah Sakit milik sendiri yaitu RSPUR BAnda Aceh

BANDA ACEH, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati atau yang paling dikenal dengan RSPUR dipilih menjadi host (tuan rumah) tempat simulasi penguatan kapasitas preseptor PSIK FK Unaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian kegiatan lanjutan yang sehari sebelumnya dilakukan di kampus Universitas Abulyatama. Acara pembekalan simulasi diadakan pada hari minggu 21 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang rapat utama RSPUR sedangkan simulasi sendiri dilakukan di ruang rawat kebidanan dan ruang rawat kelas. Turut dihadiri oleh Wakil Dekan II bidang keuangan  dr. Fitri Widya Gani, MKM (Cand),  Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat, Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J dan Kepala Bidang Keperawatan RSPUR Ns. Rita Zahara, S.Kep serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan II Bidang Keuangan dr. Fitri Widya Gani, MKM (Cand) pada kesempatan penutupan acara simulasi menuturkan syukur alhamdulillah kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor bisa berjalan sampai akhir, terlihat semangat dan kekompakan peserta ketika simulasi berlangsung, pada kesempatan yang sama juga diumumkan 3 peserta perolehan nilai tertinggi (pre-post test dan aktif) yang terpilih pada peserta utusan RSUDZA Ns. Taufik, M.Kep terbaik 1, peserta utusan RSJ Ns. Marzuki, S.Kep terbaik 2 dan utusan RSIA Ns. Cut Aja Novita, S.Kep terbaik 3. Kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor ditutup dengan foto bersama.

PSIK FK UNAYA MELAKSANAKAN WORKSHOP KBK DAN PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR

,

Dok. Kegiatan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

BANDA ACEH, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK – FK Unaya melakukan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor. Pembukaan seremonial acara diadakan pada hari sabtu 20 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang kuliah pakar I Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Wakil Dekan I bidang akademik  dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed,  Ketua Prodi PSIK FK Unaya, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat dan Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, M.Kep mengatakan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada tahap akademik sudah di implementasi sejak tahun 2016, namun belum diterapkan pada tahap profesi. Oleh karena itu, pelaksanaan tersebut  juga direncanakan akan menerapkan kurikulum KBK ini pada tahap pendidikan profesi. Proses pembelajaran mahasiswa pada tahap pendidikan profesi sangat tergantung pada pembimbing klinik yang senantiasa membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam merawat pasien.

Workshop difokuskan pada pembekalan penguatan kapasitas preseptor yang dapat mengembangkan kompetensi klinik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang diperlukan untuk perawatan yang komprehensif sehingga terjamin proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan I Bidang Akademik dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed turut membuka acara tersebut dan berharap peserta dapat mengikuti acara workshop sampai dengan selesai dan  berupaya memberikan layanan terbaik pada peserta selama berada di Universitas Abulyatama maupun, namun juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan.

 

PELANTIKAN KETUA PRODI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA

Dok. Rektor Universitas Abulyatama menyerahkan Surat Keputusan Ketua Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas periode 2019-2024

 

Aceh Besar, tepat pada hari jum’at  22 Maret 2019 Yayasan Abulyatama Aceh bersama semua unsur pimpinan tertinggi di lingkungan Universitas Abulyatama melakukan pelantikan pimpinan di kampus tersebut yang salah satunya adalah Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. Pembukaan acara dimulai pukul 09.30 wib di Aula Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Yayasan, Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, unsur Dekan, Prodi serta Lembaga di lingkup Universitas Abulyatama. Pembacaan Surat Keputusan langsung disampaikan oleh Kepala Biro SDM dan Umum yaitu Bapak Agusmadi, SE.,M.Si.

Periode jabatan ketua Prodi Ilmu keperawatan Tahun 2015 – 2019 yang sebelumnya dijabat oleh Ibu Ns. Neti Hartaty, M.Kep.,Sp.Kep.Kom digantikan oleh Ners Iskandar, S.Kep.,M.Kep untuk periode 2019 – 2024. SK pejabat langsung diserahkan oleh Rektor Universitas Abulyatama Bapak R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc.,Ph.D dengan disaksikan oleh Yayasan Abulyatama Aceh.

Pada kesempatan yang sama, rektor mengucapkan selamat dan sukses atas pengangkatan dan pelantikan pejabat di lingkungan Universitas Abulyatama. Dengan adanya rotasi kepemimpinan, diharapkan konstribusi positif demi kemajuan pendidikan di institusi Abulyatama. Jadikan jabatan tersebut sebagai amanah untuk terus dijaga dan saling berkoordinasi semua unsur pimpinan dan mengucapkan terima kasih banyak bagi pejabat yang tidak lagi bertugas, namun rutinitas sebagai dosen tetap diharapkan untuk pengembangan terbaik ke depan.

Selain pelantikan ketua Prodi Ilmu Keperawatan, Ketua Prodi D3 Keperawatan Ns. Fauziah, M.Kes digantikan oleh Ns. Yadi Putra, M.Kep, ketua Prodi D4 Kebidanan digantikan oleh Frisca Desma Ayu KW, S.Tr.Keb.,M.Kes  juga adanya pergantian pejabat di tingkat Dekanat Fakultas Kedokteran yaitu Wakil Dekan II yang sebelumnya dijabat oleh dr. Maidayani, M.Kes diganti oleh dr. Fitri Widya Gani, dan Wakil Dekan III yang periode lama ditugaskan ke dr. Aditya Candra, M.Biomed sekarang diganti oleh dr. Farid Bastian, MKM.

 

MAHASISWI PSIK UNAYA MEMPEROLEH ENAM MEDALI PORA-XIII

Dok. Julia Susanna Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

 

Kota Jantho, Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-XIII yang berlangsung sejak 13 November lalu di Jantho, Aceh Besar, hari Minggu 25 November 2018 resmi ditutup. Suka-duka pelaksanaan event olahraga terakbar tahunan di Aceh tersebut meninggalkan  kenangan demi kenangan. Ada atlet yang meraih medali ada juga yang belum. Tuan rumah Aceh Besar dinobatkan menjadi juara umum dengan status peraih medali terbanyak yaitu 267 medali. Disusul, Kota Banda Aceh 169 medali diperingkat kedua. Aceh Timur 133 medali dan Kabupaten Pidie 112 medali berada diperingkat ketiga dan keempat. Disusul Aceh Tengah 100 medali diperingkat kelima. Di dasar klasemen, Kabupaten Aceh Tenggara harus puas pulang tanpa medali emas.

Rasa kesenangan atas kemenangan Aceh Besar selaku tuan rumah sebagai juara umum ajang tersebut juga dirasakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK  – FK  UNAYA. Salah satu mahasiswi angkatan tahun 2018 PSIK – FK UNAYA membawa pulang 6 (enam)  medali pada ajang bergengsi tersebut. Julia Susanna mahasiswi kelahiran Banda Aceh, 26 juli 2000 merupakan atlit PDBI (Persatuan Drumband Indonesia Aceh Besar) dimana Julia dan kawan-kawan berhasil memperoleh tiga medali emas pada mata lomba baris berbaris, lomba ketahanan dan ketepatan barisan campuran serta lomba berbaris jarak pendek. Satu medali perak pada lomba berbaris jarak pendek campuran. Dua medali perunggu  pada lomba unjuk gelar dan lomba ketahanan dan ketepatan barisan putri.

Pada kesempatan tersebut perempuan bertempat tinggal di Desa Santan Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar itu mengucapkan rasa syukur kepada Allah atas prestasi yang telah diperolehnya diajang PORA ke-XIII dan mengucapkan terima kasih banyak kepada PSIK – FK UNAYA karena telah memberikan rekomendasi dan keizinan mengikuti berbagai rangkaian pembekalan sampai pada mengikuti perlombaan selama event PORA ke-XIII berlangsung.  Semoga pada kesempatan berikutnya bisa kembali tampil pada ajang di tingkat Nasional maupun Internasional harapnya.