RSPUR JADI HOST SIMULASI PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR PSIK FK UNAYA

Dok. Kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama di Rumah Sakit milik sendiri yaitu RSPUR BAnda Aceh

BANDA ACEH, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati atau yang paling dikenal dengan RSPUR dipilih menjadi host (tuan rumah) tempat simulasi penguatan kapasitas preseptor PSIK FK Unaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian kegiatan lanjutan yang sehari sebelumnya dilakukan di kampus Universitas Abulyatama. Acara pembekalan simulasi diadakan pada hari minggu 21 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang rapat utama RSPUR sedangkan simulasi sendiri dilakukan di ruang rawat kebidanan dan ruang rawat kelas. Turut dihadiri oleh Wakil Dekan II bidang keuangan  dr. Fitri Widya Gani, MKM (Cand),  Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat, Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J dan Kepala Bidang Keperawatan RSPUR Ns. Rita Zahara, S.Kep serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan II Bidang Keuangan dr. Fitri Widya Gani, MKM (Cand) pada kesempatan penutupan acara simulasi menuturkan syukur alhamdulillah kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor bisa berjalan sampai akhir, terlihat semangat dan kekompakan peserta ketika simulasi berlangsung, pada kesempatan yang sama juga diumumkan 3 peserta perolehan nilai tertinggi (pre-post test dan aktif) yang terpilih pada peserta utusan RSUDZA Ns. Taufik, M.Kep terbaik 1, peserta utusan RSJ Ns. Marzuki, S.Kep terbaik 2 dan utusan RSIA Ns. Cut Aja Novita, S.Kep terbaik 3. Kegiatan simulasi penguatan kapasitas preseptor ditutup dengan foto bersama.

PSIK FK UNAYA MELAKSANAKAN WORKSHOP KBK DAN PENGUATAN KAPASITAS PRESEPTOR

,

Dok. Kegiatan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

BANDA ACEH, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK – FK Unaya melakukan workshop kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan kapasitas preseptor. Pembukaan seremonial acara diadakan pada hari sabtu 20 April 2019 pukul 08.30 wib di Ruang kuliah pakar I Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Wakil Dekan I bidang akademik  dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed,  Ketua Prodi PSIK FK Unaya, Perwakilan Pimpinan Pengurus AIPNI Regional I Wilayah Aceh, Ketua AIPNI sekaligus pemateri Workshop Dr. Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep, Ns. Darmawati, M.Kep.,Sp.Mat dan Ns. Martina, M.Kep.,Sp.Kep.J serta peserta yang berhadir perwakilan delapan institusi RS jejaring, Puskesmas, UPTD Panti Jompo dan dosen PSIK FK Unaya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi PSIK FK Unaya Ns. Iskandar, M.Kep mengatakan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada tahap akademik sudah di implementasi sejak tahun 2016, namun belum diterapkan pada tahap profesi. Oleh karena itu, pelaksanaan tersebut  juga direncanakan akan menerapkan kurikulum KBK ini pada tahap pendidikan profesi. Proses pembelajaran mahasiswa pada tahap pendidikan profesi sangat tergantung pada pembimbing klinik yang senantiasa membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam merawat pasien.

Workshop difokuskan pada pembekalan penguatan kapasitas preseptor yang dapat mengembangkan kompetensi klinik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang diperlukan untuk perawatan yang komprehensif sehingga terjamin proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Yayasan Abulyatama, rektorat, dekanat, RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh, IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama), AIPNI, serta RSUDZA, RSJ, RSIA, RSUD  Meuraxa, Puskesmas Kuta Baro, Puskesmas Krueng Barona Jaya dan UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.

Wakil dekan I Bidang Akademik dr. Yuni Rahmayanti, M.Biomed turut membuka acara tersebut dan berharap peserta dapat mengikuti acara workshop sampai dengan selesai dan  berupaya memberikan layanan terbaik pada peserta selama berada di Universitas Abulyatama maupun, namun juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan.

 

PELANTIKAN KETUA PRODI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA

Dok. Rektor Universitas Abulyatama menyerahkan Surat Keputusan Ketua Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas periode 2019-2024

 

Aceh Besar, tepat pada hari jum’at  22 Maret 2019 Yayasan Abulyatama Aceh bersama semua unsur pimpinan tertinggi di lingkungan Universitas Abulyatama melakukan pelantikan pimpinan di kampus tersebut yang salah satunya adalah Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. Pembukaan acara dimulai pukul 09.30 wib di Aula Universitas Abulyatama yang dihadiri oleh Yayasan, Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, unsur Dekan, Prodi serta Lembaga di lingkup Universitas Abulyatama. Pembacaan Surat Keputusan langsung disampaikan oleh Kepala Biro SDM dan Umum yaitu Bapak Agusmadi, SE.,M.Si.

Periode jabatan ketua Prodi Ilmu keperawatan Tahun 2015 – 2019 yang sebelumnya dijabat oleh Ibu Ns. Neti Hartaty, M.Kep.,Sp.Kep.Kom digantikan oleh Ners Iskandar, S.Kep.,M.Kep untuk periode 2019 – 2024. SK pejabat langsung diserahkan oleh Rektor Universitas Abulyatama Bapak R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc.,Ph.D dengan disaksikan oleh Yayasan Abulyatama Aceh.

Pada kesempatan yang sama, rektor mengucapkan selamat dan sukses atas pengangkatan dan pelantikan pejabat di lingkungan Universitas Abulyatama. Dengan adanya rotasi kepemimpinan, diharapkan konstribusi positif demi kemajuan pendidikan di institusi Abulyatama. Jadikan jabatan tersebut sebagai amanah untuk terus dijaga dan saling berkoordinasi semua unsur pimpinan dan mengucapkan terima kasih banyak bagi pejabat yang tidak lagi bertugas, namun rutinitas sebagai dosen tetap diharapkan untuk pengembangan terbaik ke depan.

Selain pelantikan ketua Prodi Ilmu Keperawatan, Ketua Prodi D3 Keperawatan Ns. Fauziah, M.Kes digantikan oleh Ns. Yadi Putra, M.Kep, ketua Prodi D4 Kebidanan digantikan oleh Frisca Desma Ayu KW, S.Tr.Keb.,M.Kes  juga adanya pergantian pejabat di tingkat Dekanat Fakultas Kedokteran yaitu Wakil Dekan II yang sebelumnya dijabat oleh dr. Maidayani, M.Kes diganti oleh dr. Fitri Widya Gani, dan Wakil Dekan III yang periode lama ditugaskan ke dr. Aditya Candra, M.Biomed sekarang diganti oleh dr. Farid Bastian, MKM.

 

MAHASISWI PSIK UNAYA MEMPEROLEH ENAM MEDALI PORA-XIII

Dok. Julia Susanna Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

 

Kota Jantho, Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-XIII yang berlangsung sejak 13 November lalu di Jantho, Aceh Besar, hari Minggu 25 November 2018 resmi ditutup. Suka-duka pelaksanaan event olahraga terakbar tahunan di Aceh tersebut meninggalkan  kenangan demi kenangan. Ada atlet yang meraih medali ada juga yang belum. Tuan rumah Aceh Besar dinobatkan menjadi juara umum dengan status peraih medali terbanyak yaitu 267 medali. Disusul, Kota Banda Aceh 169 medali diperingkat kedua. Aceh Timur 133 medali dan Kabupaten Pidie 112 medali berada diperingkat ketiga dan keempat. Disusul Aceh Tengah 100 medali diperingkat kelima. Di dasar klasemen, Kabupaten Aceh Tenggara harus puas pulang tanpa medali emas.

Rasa kesenangan atas kemenangan Aceh Besar selaku tuan rumah sebagai juara umum ajang tersebut juga dirasakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK  – FK  UNAYA. Salah satu mahasiswi angkatan tahun 2018 PSIK – FK UNAYA membawa pulang 6 (enam)  medali pada ajang bergengsi tersebut. Julia Susanna mahasiswi kelahiran Banda Aceh, 26 juli 2000 merupakan atlit PDBI (Persatuan Drumband Indonesia Aceh Besar) dimana Julia dan kawan-kawan berhasil memperoleh tiga medali emas pada mata lomba baris berbaris, lomba ketahanan dan ketepatan barisan campuran serta lomba berbaris jarak pendek. Satu medali perak pada lomba berbaris jarak pendek campuran. Dua medali perunggu  pada lomba unjuk gelar dan lomba ketahanan dan ketepatan barisan putri.

Pada kesempatan tersebut perempuan bertempat tinggal di Desa Santan Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar itu mengucapkan rasa syukur kepada Allah atas prestasi yang telah diperolehnya diajang PORA ke-XIII dan mengucapkan terima kasih banyak kepada PSIK – FK UNAYA karena telah memberikan rekomendasi dan keizinan mengikuti berbagai rangkaian pembekalan sampai pada mengikuti perlombaan selama event PORA ke-XIII berlangsung.  Semoga pada kesempatan berikutnya bisa kembali tampil pada ajang di tingkat Nasional maupun Internasional harapnya.

 

 

 

 

PSIK FK UNAYA MENDAPATKAN SUMBANGAN PROJECTOR DARI IKANA

Dok. Penyerahan sumbangan projector oleh perwakilan anggota IKANA (Ikatan Alumni Ners Abulyatama)

Banda Aceh, Rabu 27 Februari 2019 perwakilan alumni mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang tergabung dalam  Ikatan Alumni Ners Abulyatama yang dikenal dengan IKANA melakukan kunjungan ke Universitas Abulyatama tepatnya ke PSIK. Perwakilan alumni yang berhadir diantaranya  Ns. Nurul Fadhilah, S.Kep, Ns. Cut Mena Rentana, S.Kep, Ns. Desi Isnayanti, S.Kep dan Ns. Ulfa Ulya, S.Kep. Perwakilan anggota IKANA bertujuan untuk memberikan sumbangan dari alumni yang berupa media pembelajaran yakni Infocus merk Epsson, pointer, dan sound system. Penyerahan sumbangan tersebut langsung di terima oleh Penanggung Jawab Sementara Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Bapak Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep.

Pada kesempatan tersebut Ns. Nurul Fadhilah, S.Kep menjelaskan kehadiran mereka adalah perwakilan teman-teman alumni untuk menyerahkan sumbangan ini. Berharap sumbangan ini dapat diperuntukkan bagi adik-adik mahasiswa PSIK FK Unaya yang sedang melaksanakan K3S.  Karena projector yang disumbang ini resolusi nya tinggi sehingga bisa digunakan pada intervensi keperawatan berupa health education pada ruang  terbuka seperti melakukan penyuluhan di ruang tunggu Rumah Sakit, Panti Jompo maupun di menasah gampong-gampong yang kondisinya terang dengan pencahayaan.

Pada kesempatan yang sama,  Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada IKANA karena sumbangan seperti ini sudah menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan oleh IKANA, tahun sebelumnya juga PSIK mendapat sumbangan puluhan buku referensi. Karena  kepedulian seluruh komponen  pendidikan baik Dosen, Staff, mahasiswa maupun alumni bagian dari pengembangan kesuksesan sebuah Institusi Pendidikan, harap  mari kita jaga, kita rawat kebersamaan alumni dalam  IKANA semoga kita terus bisa menjadi bagian yang terbaik dimasa mendatang, amiin.

Perdana Mahasiswa PSIK FK Unaya KKS di Rumah Sakit Milik Sendiri

Dok. Seremonial serah terima mahasiswa PSIK FK Abulyatama di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati Banda Aceh

Banda Aceh, Selasa 12 Februari 2019 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama atau yang paling dikenal dengan PSIK – FK Unaya melakukan penyerahan perdana mahasiswa  KKS (Kepaniteraan Klinik Keperawatan Senior) ke RSPUR (Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati) Banda Aceh yang merupakan rumah sakit milik Universitas Abulyatama. Tujuan kegiatan tersebut adalah melaksanakan kewajiban lanjutan mahasiswa di tahap profesi untuk mata ajar Manajemen Keperawatan yang dilakukan selama 3 minggu. Kehadiran rombongan dari PSIK FK Unaya  langsung di sambut baik oleh Wakil Direktur yaitu Bapak Sunarto yang didampingi Kepala Bidang Keperawatan dan staff serta turut hadir dalam rombongan Pelaksana Tugas Ketua PSIK yaitu Bapak Iskandar, S.Kep.,Ns.,M.Kep, Koordinator Profesi Syarifah Masthura, S.Kep.,Ns.,M.Kes, Koordinator mata kuliah Manajemen Keperawatan  Riyan Mulfianda, S.Kep.,Ns.,M.Kep, para dosen Maimun Tharida, S.Kep.,Ns.,M.Kes, dr. Nanda Desreza, M.Kes serta mahasiswa/i PSIK FK Unaya.

Pada kesempatan itu, Bapak  Iskandar, S.Kep.,Ns.,M.Kep menyerahkan langsung mahasiswa ke Direktur yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Adm Umum dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan pihak RSPUR untuk dilakukannya KKS oleh mahasiswa PSIK FK Unaya pada tahap profesi ini. Karena sebelumnya, mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan mata kuliah di stase keperawatan dasar, keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan medikal bedah dan keperawatan gawat darurat. Ini merupakan  perdana mahasiswa KKS menjadikan RSPUR sebagai lahan praktik untuk stase manajemen keperawatan. Berharap mahasiswa sukses dan optimal dalam diseminasi ilmu manajemen, peran manajerial, menjadi agen pembaharu, serta dapat tercapai secara maksimal kompetensi yang diwajibkan selama di RS.

Di kesempatan yang sama, Bapak Sunarto yang menyampaikan  selamat datang di RSPUR, selamat menjalankan KKS untuk stase Manajemen Keperawatan bagi mahasiswa semuanya. Besar harapan saat berada di RS mahasiswa wajib mematuhi segala bentuk tatatertib dan aturan selama berada di RS. Silahkan koordinasi segala bentuk kebutuhan maupun kendala ke bidang keperawatan, semoga selesai praktik manajemen keperawatan ini RS akan punya banyak masukan demi optimalisasi peran manajerial perawat di ruangan.

Setelah seremonial berlangsung, mahasiswa langsung dilakukan orientasi ruangan yang didampingi langsung oleh Ka. Bid Keperawatan ke Ruang Rawat, serta coaching panduan profesi Ners stase manajemen keperawatan oleh Koordinator mata kuliah.

 

Pelantikan AIPNI Regional I Wilayah Aceh

Dok. Ketua PPNI Kota Banda Aceh (kiri), KaBid Keperawatan RSUDZA (dua dari kiri), Ketua LLDIKTI Wilayah Aceh (tengah), Ketua AIPNI Regional I Wilayah Aceh (dua dari kanan), AIPViKI Wilayah Aceh (kanan), Foto Bersama dengan pengurus AIPNI Regional Wilayah Aceh periode 2018-2021

Banda Aceh, Sabtu 15 Desember 2018 Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional I Wilayah Aceh melakukan pelantikan kepengurusan periode 2018-2021 yang dilantik langsung oleh Ketua Dr. Hajjul Kamil, S. Kp. M. Kep. Seperti yang diketahu sebelumnya bahwa kepengurusan Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) periode 2015-2018 yang diketuai oleh Dr. Hajjul Kamil, S. Kp. M. Kep sesuai ketetapan yang berlaku masa jabatan Ketua dan kepengurusan AIPNI Regional I Wilayah Aceh berakhir pada tanggal 26 Mei 2018, maka pada tanggal 12 Mei 2018 telah dilaksanakannya Musyawarah Regional I Wilayah Aceh untuk memilih ketua dan pengurus AIPNI. Hasil dari Musyawarah tersebut terpilih kembali ketua AIPNI Regional I Aceh yaitu Dr. Hajjul Kamil S.Kp. M. Kep periode 2018-2021.

Representatif pengurus yang dilantik berjumlah 36 orang berasal dari 12 Institusi Ners di Provinsi Aceh berdasarkan lampiran SK Ketua AIPNI Pusat No. 012/KEP/AIPNI/2018 diantaranya adalah Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kula, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran (PSIK FK) Universitas Abulyatama, STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe, STIKes Cut Nyak Dhien Langsa, STIKes Harapan Bangsa, STIKes Medika Nurul Islam, STIKes Darussalam Lhokseumawe, STIKes Medika Nurul Hasanah Kutacane, STIKes Medika Seramoe Barat, STIKes Getsempena Lhoksukon, STIKes Bumi Persada dan STIKes Bina Nusantara.

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama mendapat kepercayaan untuk masuk  sebagai bagian dari kepengurusan AIPNI Regional I Wilayah Aceh, seperti yang diketahu bahwa Universitas Abulyatama sudah menjadi anggota AIPNI sejak Tahun 2015. Pada kesempatan tersebut berdasarkan SK Kepengurusan yakni 2 (dua) Dosen PSIK FK Universitas Abulyatama masuk jajaran pengurus yang mendapatkan tugas yang strategis dimana Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep menjabati Koordinator Hukum, Kebijakan, Standar Pendidikan Tinggi dan Ns. Riyan Mulfianda, S.Kep.,M.Kep Bidang Organisasi, Humas dan Kelembagaan. Hal ini menggambarkan kiprah PSIK FK Abulyatama terus berkonstribusi nyata dalam mewujudkan serta memajukan profesi keperawatan baik di Aceh secara khusus maupun nasional.

 

 

PSIK FK Abulyatama Launching UKS SDN Leupung 26 Aceh Besar

, ,

Dok. Foto Bersama Penanggungjawab UKS Puskesmas Kuta Baro, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas dan Seluruh Mahasiswa K3S serta Dokter cilik maupun Perawat Cilik

Aceh Besar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatam atau yang dikenal dengan PSIK FK Abulyatama launching Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Leupung 26 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, pembukaan acara diadakan pada tanggal  29 November 2018, pukul 10.00 wib di Sekolah Dasar Negeri Leupung 26 yang dihadiri oleh Perwakilan Camat Kuta Baro Kasie Kesra Ibu Asmawati, SE, Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep, Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Bapak Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, Dinas Pendidikan Aceh Besar, Perwakilan Danramil Kuta Baro Bapak Monazar, Kepala Sekolah SDN Lamblang, Kepala Sekolah SMP dan SMA Babul Maghfirah Kuta Baro, Komite Pendidikan SDN Leupung 26 Serta Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Program UKS Puskesmas Kuta Baro Ibu Kurniawati, Amd.Kep memberikan apresiasi secara khusus kepada Mahasiswa PSIK FK Abulyatama yang sedang menjalani Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) atas terselenggaranya kegiatan regenerasi sekaligus launching kembali UKS di SDN Leupung 26 yang sebelumnya tidak jalan, turut menjelaskan wajah lelah mahasiswa kurun waktu seminggu dalam mengkoordinasi, serta mempersiapkan segala keperluan termasuk sosialisasi trias UKS ke Sekolah, melatih dokter cilik dan perawat cilik akhirnya terbayar sudah dengan suksesnya terselenggara acara ini, lanjut menjelaskan jika UKS ini adalah murni tanggungjawab sekolah oleh karena itu internal SDN Leupung 26 harus mendukung penuh demi berjalannya UKS secara optimal, harus ada regenerasi per 2 tahun ajaran sekolah.

Di kesempatan selanjutnya Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Komunitas PSIK FK Abulyatama Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep mengatakan selama ini PSIK FK Abulyatama dengan pihak Puskesmas dan Camat Kuta Baro Aceh Besar cukup besar dukungannya teruma dalam hal penempatan mahasiswa yang menjalani praktik Kepaniteraan Keperawatan Senior (KKS) di wilayah tersebut. Kegiatan UKS SDN Leupung 26 merupakan bagian dari 23 (dua puluh tiga) intervensi keperawatan yang dikemas dalam kegiatan mahasiswa selama menjalani stase Keperawatan Komunitas di dua Desa, yakni Desa Lam raya dan Desa Aron di kecamatan setempat. Penyelenggaraan UKS ini dimaksudkan sebagai upaya pendukung bagi peningkatan kesehatan di Sekolah melalui sumberdaya yang dimiliki Sekolah tersebut dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung dan penghambat UKS.

Kegiatan ini juga menampilkan yel – yel UKS dari tim UKS Siswa/i SDN Leupung 26, kemudian dilanjutkan dengan drama Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Ringan (P3KR) oleh Dokter dan Perawat Kecil yang sudah terlatih. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian ruang UKS oleh Perwakilan Camat yaitu Ibu Asmawati, SE, dan sesi foto bersama tamu undangan.

Sumpah dan Pelantikan Dokter Universitas Abulyatama Aceh